Join Vinefire!

Tuesday, September 1, 2009

MENGAPA HARUS DARI INDIA? GUYONAN ORANG INDIA TERHADAP ORANG INDONESIA

Tanpa kita sadari sebetulnya barang-barang kebutuhan baik primer, sekunder dan tertier kita berasal dari India. Rekan bisnis saya dari India, Mr Khrisnamukti pernah guyon kepada saya ketika saya duduk berdua di sofa panjang sambil membicarakan bisnis di kantor Beliau mengatakan kepada saya dalam bahasa Inggrisnya yang khas, " Do You know, sofa where we are siiting here is made in India. India is really qualified goods". Saya kaget karena perasaan saya, sofa itu dibeli sekitar 5 bulan yang lalu di toko furniture dekat BSD City dan saya tahu kalau itu buatan lokal. Akhirnya beliau jelaskan kepada saya apa maksudnya:

1. Makanan ringan, mie instan dan produk makanan yang lain berasal dari India. Contohnya adalah bubuk cabe (bisnis kami) yang dipakai oleh Indofood, Mie Sedap, Salam Mie dan lain-lain dikonsumsi orang Indonesia berasal dari India. Saos yang dikonsumsipun menggunakan ekstrak cabe (capsicum) yang berasal dari India juga Kenapa? Karena murah dan berkualitas.

2. Pakaian yang dipakai oleh masyarakat kita pemintalan benang sampai tekstilnya diproduksi oleh perusahaan-perusahaan India. Kenapa? murah dan berkualitas.

3. Bawang merah katanya asli Brebes Jawa Tengah dan dijual ke masyarakat ternyata sebagian besar berasal dari India Kenapa? Murah dan berkualitas

4. Komputer baik software maupun hardware ternyata banyak diciptakan oleh ank-anak muda dari India yang dikontrak oleh perusahaan komputer multi nasional Amerika bahkan India kan medirikan Pusat Data Base Dunia yang nantinya identitas kita maupun seluruh dunia dapat diakses di India. Kenapa? Murah tenaga kerjanya dan berkualitas hasilnya.

5. Sinetron yang setiap hari nongkrong di TV-TV swasta kita sebagian production housenya dimiliki oleh orang India, Film-film nasional yang mulai berkembangpun diproduksi oleh perusahaan film milik keturunan India. Kenapa? Murah dan berkualitas.

6. Lagu-lagu terutama dangdut yang katanya musik asli Indonesia banyak mengadopsi musik dari India Kenapa? murah dan berkualitas.

7. Look kata Mr khrisnamukti, sepeda motor yang tampil dalam iklan TV berasal dari India (kebetulan saat itu ada iklan motor dari India di TV saya) dan kendaraan umum yang banyakdigunakan oleh masyarakat walaupun akan digusur (Bajaj) berasal dari India juga. Kenapa? Murah dan berkualitas.

Saya bertanya kepada beliau apa dong resepnya? Beliau mengatakan kerja keras dan serba swa dari seluruh rakyat India termasuk pemerintah dan menjalankan secara penuh ajaran Gandhi. Goodwill yang ditunjukkan oleh pemimpin mereka diterapkan kepada masyarakat seperti selam 40 tahun mereka melarang import dari luar termasuk teknologi sampai mereka dapat menciptakan sendiri melalui tangan-tangan orang-orang India.. Luar Biasa jawab saya dan dalam hati seandainya Indonesia....(banyak yang saya pikirkan)

Kenapa Indonesia tidak bisa, tanya beliau. Indonesia negeri makmur dan subur katanya, musimnya hanya dua jadi kalau menanam apapun mudah diprediksikan. Tetapi kenapa Indonesia tidak bisa? Saya jawab bangsa ini telah kehilangan jati dirinya sebagai bangsa Indonesia yang terkenal dengan Pancasilanya sebagai kendaraan menuju hidup yang makmur dan sejahtera sesuai dengan keinginan para pendiri bangsa ini. Tetapi semua itu diacak-acak oleh elit-elit yang merasa paling pintar yang bahkan membuat kalimat-kalimat yang tercantunm dalam Pancasila dan UUD 1945 pun mereka tidak mampu dan itu belum isi dan kandungannya. Kerja sedikit dapat duit banyak dengan cara korup, mental komisi dan lain-lainnya. Sambil menggeleng-gelengkan kepala Mr Khrisnamukti yang berusia 76 tahun itu memegang pundak saya sambil mengatakan kalian ini adalah bangsa unggul terbukti dengan namanya Indonesia karena dimanapun kalau yang namanya Indo pasti bagus, cantik, menarik dan tampan seperti artis-artis kita di sinetron dan Film yang sering menggunakan artis indo supaya menarik penonton. Satu lagi adalah berkualitas karena gen yang nongol adalah gen unggulan dari hasil persilangan gen-gen yang baik.

Akhirnya saya termenung dan sambil tersenyum saya katakan kalau Indonesia sudah murah dan berkualitas nanti saya ngga ambil bubuk cabe dari situ lagi dong. Beliau langsung menjawab never mind but your country has pride and dignity in the world. We are still big family and brotherhood. Amazing but when and how (mikir lagi deh...)

No comments:

Post a Comment

Discovery Channel News Widget

Discovery Channel News WidgetDiscovery Channel News Widget